Nugraha, Wildan (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA DANISH CAR WASH SUMEDANG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
![]() |
Text
02-Lembar Pengesahan.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text
03-Abstrak.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
04-Kata Pengantar.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
08-Bab I.pdf Download (559kB) |
![]() |
Text
09-Bab II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
05-Daftar Isi.pdf Download (141kB) |
![]() |
Text
13-Daftar Pustaka.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text
01-Cover.pdf Download (76kB) |
Abstract
Danish Car Wash ialah perusahaan pencucian kendaraan roda empat terdapat di Sumedang dan sudah banyak kompetitor didalam bisnis yang sama. Semakin ketatnya persaingan dalam bidang usaha pencucian mobil di Sumedang membuat jumlah konsumen yang mencuci mobil di Danish Car Wash mengalami penurunan karena masing-masing usaha memiliki strateginya masing-masing dalam meningkatkan kepuasan konsumennya. Kepuasan konsumen pada bisnis pencucian mobil tentunya sangat erat hubungannya dengan kualitas pelayanan yang diterima konsumen ketika dilayani. Pada Danish Car Wash Sumedang kualitas pelayanan yang diberikan perusahaan masih kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Danish Car Wash Sumedang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan verifikatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen Danish Car Wash Sumedang. Sampel penelitian ini sebanyak 94 orang ditentukan dengan teknik sampling menggunakan simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi kepuasan konsumen pada hasil pencucian mobil dari Danish Car Wash mengalami penurunan. Analisis deskriptif variabel kualitas pelayanan dan kepuasaan konsumen dikategorikan kurang baik. Pengujian hipotesis menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen Danish Car Wash Sumedang, dengan besarnya pengaruh adalah sebesar 69% sedangkan 31% dipengaruhi variabel lain. Hambatan yang dialami Danish Car Wash dalam memberikan pelayanan yang berkualitas berasal dari karyawan yang kurang tanggap dalam mengatasi keluhan-keluhan konsumennya. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Pencucian Mobil
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 01:54 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 01:54 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78729 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |