Apriani, Revvi (2025) PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI SEKRETARIAT DPRD PROVINSI JAWA BARAT. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
![]() |
Text
Kata Pengantar.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (123kB) |
![]() |
Text
Abstrak 3 Bahasa.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text
Bab 2.pdf Download (413kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi terhadap kinerja pegawai di Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Barat. Kompetensi dalam penelitian ini mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap pegawai, sedangkan kinerja diukur melalui indikator kualitas kerja, ketepatan waktu, inisiatif, kemampuan, dan komunikasi. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 63 responden yang merupakan pegawai Sekretariat DPRD. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Hal ini ditunjukkan melalui nilai kontribusi pengaruh sebesar 52,5%. Temuan ini membuktikan bahwa semakin tinggi kompetensi yang dimiliki pegawai, maka semakin tinggi pula kinerja yang ditampilkan. Oleh karena itu, pengembangan kompetensi menjadi strategi penting dalam peningkatan kualitas kinerja pegawai secara berkelanjutan, khususnya dalam mendukung tugas dan fungsi kelembagaan DPRD. Kata Kunci: Kompetensi, Kinerja Pegawai, Sekretariat DPRD
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2025 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 01:48 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 01:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78728 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |