Hidayat, Lulu Amalia (2025) KESEHATAN MENTAL ANAK PADA KELUARGA BROKEN HOME DALAM KONSEP INTERAKSI SIMBOLIK HERBERT MEAD (Studi Deskriptif Kualitatif). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
![]() |
Text
3. ABSTRAK 3 Bahasa.pdf Download (77kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (607kB) |
![]() |
Text
11. KATA PENGANTAR.pdf Download (82kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (219kB) |
![]() |
Text
12. DAFTAR ISI.pdf Download (117kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana proses komunikasi dalam keluarga broken home membentuk kesehatan mental anak, dengan menggunakan pendekatan teori Interaksi Simbolik oleh George Herbert Mead. Fokus kajian berada pada tiga aspek utama yaitu pembentukan pikiran (mind), pembentukan diri (self), dan cara membaur dalam masyarakat (society) pada anak-anak yang berasal dari keluarga broken home. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam terhadap sembilan informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak broken home membentuk pola pikir yang lebih dewasa dari usianya, membangun konsep diri melalui komunikasi interpersonal, serta memiliki kemampuan adaptif dalam menghadapi tekanan sosial. Namun, kurangnya komunikasi yang sehat dan stigma sosial juga ditemukan sebagai hambatan dalam membentuk kesehatan mental yang positif. Penelitian ini menegaskan pentingnya peran keluarga dan lingkungan sosial dalam membentuk kesehatan mental anak melalui proses simbolik yang bermakna. Kata Kunci: Kesehatan Mental, Broken Home, Interaksi Simbolik, Mind, Self, Society.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2025 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 07:45 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 07:45 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78714 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |