FERNANDA INDIN, 205040091 (2025) PENERAPAN MULTIPLE REPRESETASI SUBMIKROSKOPIK BERBANTUAN GENIALLY TERHADAP PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI VIRUS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (770kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (345kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (890kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (765kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (637kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (331kB) |
Abstract
Mempelajari Biologi mempunyai tantangan tersendiri dengan karakteristik yang kompleks, abstrak dan sulit di pahami sering kali menjadi masalah dalam mengajarkanya. Multiple representasi submikroskopik diantaranya dapat menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multiple representasi submikroskopik berbantuan Genially terhadap penguasaan konsep peserta didik pada materi virus. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel terdiri atas dua kelas X di SMA Pasundan 4 Bandung, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan Genially dan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah bervariasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa peserta didik di kelas eksperimen mengalami peningkatan penguasaan konsep yang sangat signifikan dibandingkan kelas kontrol. Rata-rata N-gain kelas eksperimen 0,70 dengan kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol 0,46 kategori sedang. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan multiple representasi submikroskopik berbantuan Genially seperti vidio, gambar, infografis, tabel, diagram alir dan teks studi kasus berefek positif terhadap penguasaan konsep peserta didik.. Kata Kunci: Genially , Multiple Representasi Submikroskopik , Penguasaan Konsep, Virus
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 03:37 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 03:37 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78689 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |