Strategi Komunikasi Pemasaran Bagian Promosi Program Siaran Di LPP TVRI Jawa Barat

Nulhakim, Lukhman (2025) Strategi Komunikasi Pemasaran Bagian Promosi Program Siaran Di LPP TVRI Jawa Barat. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
Abstrak - Lukhman.pdf

Download (253kB)
[img] Text
lembar pengesahan - Lukhman.pdf

Download (193kB)
[img] Text
daftar pustaka - Lukhman.pdf

Download (201kB)
[img] Text
kata pengantar - Lukhman.pdf

Download (226kB)
[img] Text
cover - Lukhman.pdf

Download (272kB)
[img] Text
daftar isi - Lukhman.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB II - Lukhman.pdf

Download (550kB)
[img] Text
BAB I - Lukhman.pdf

Download (348kB)

Abstract

Latar belakang dibuatnya penelitian ini dikarenakan adanya penurunan jumlah minat terhadap media konvensional, khususnya pada sejumlah penonton televisi. Hal tersebut didapatkan berdasarkan dari analisa peneliti terkait fakta dan data yang terjadi secara aktual, yang erat kaitannya dengan era multiplatform atau digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bentuk interaksi komponen- komponen Marketing Mix 7P dalam strategi komunikasi pemasaran LPP TVRI Jawa Barat; dan (2) bentuk elemen-elemen Promotion Mix dalam proses promosi program siaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Landasan teori mengacu pada konsep Marketing Mix 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence) dan Promotion Mix yang terdiri dari delapan elemen promosi seperti iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung database, penjualan personal, pemasaran digital, mobile marketing, dan event. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh komponen dari Marketing Mix dan elemen dari Promotion Mix saling berinteraksi secara strategis untuk mendukung visi dan misi TVRI Jawa Barat sebagai media publik. Interaksi menciptakan sistem pemasaran yang terintegrasi dan adaptif terhadap era multiplatform. menunjukkan orientasi kuat terhadap pelayanan publik dan penyebaran informasi yang disebarluaskan melalui saluran konvensional dan digital Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi komunikasi pemasaran LPP TVRI Jawa Barat telah berkembang ke arah multiplatform dengan tetap menjaga esensi sebagai lembaga penyiaran publik. Diperlukan penguatan kompetensi digital dan evaluasi untuk menjawab tantangan promosi di era yang semakin kompetitif. Kata Kunci: Strategi komunikasi pemasaran, promosi, kualitatif, Marketing Mix 7P, Promotion Mix, LPP TVRI Jawa Barat, multiplatform, digital.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2025
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 29 Sep 2025 06:16
Last Modified: 29 Sep 2025 06:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78639

Actions (login required)

View Item View Item