Sabila, Aliya Naura (2025) INOVASI PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK MELALUI APLIKASI BEDAS DIGITAL SERVICE (BDS) DI KECAMATAN CICALENGKA KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN-SKRIPSI ALIYA NAURA SABILA.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text
8. KATA PENGANTAR-SKRIPSI ALIYA NAURA SABILA.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
7. ABSTRAK-SKRIPSI ALIYA NAURA SABILA.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text
13. BAB 1-SKRIPSI ALIYA NAURA SABILA.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR ISI-SKRIPSI ALIYA NAURA SABILA.pdf Download (66kB) |
![]() |
Text
1. COVER-SKRIPSI ALIYA NAURA SABILA.pdf Download (75kB) |
![]() |
Text
14. BAB 2-SKRIPSI ALIYA NAURA SABILA.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
18. DAFTAR PUSTAKA-SKRIPSI ALIYA NAURA SABILA.pdf Download (51kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis inovasi pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP) melalui aplikasi Bedas Digital Service (BDS) di Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung. Penelitian ini didasarkan pada permasalahan masyarakat lanjut usia belum terbiasa dengan layanan online dan keterbatasan blanko berdampak pada booking antrian online, Gangguan server down pada aplikasi saat masyarakat sedang melakukan pelayanan Kartu Tanda Penduduk melalui aplikasi Bedas Digital Service, dan Sosialiasi yang belum merata dan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Inovasi Pelayanan Kartu Tanda Penduduk melalui aplikasi Bedas Digital Service di Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawamcara,dokumentasi, studi kepustakaan, dan pembuatan causal loop diagram. Pemilihan teknis analisis data menggunakan alat bantu software Vensim. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ditinjau dari dimensi inovasi pelayanan menurut teori Rogers dalam Hotnier Sipahutar (2021:20-21) bahwa inovasi pelayanan melalui aplikasi BDS memberikan manfaat dalam hal efisiensi dan aksesibilitas, namun masih menghadapi sejumlah hambatan. Pada dimensi (kesesuaian), sebagian masyarakat belum terbiasa dengan teknologi digital, khususnya kalangan lansia dan masyarakat pedesaan. Pada dimensi (kerumitan),masih terdapat kendala teknis seperti gangguan server dan keterbatasan pemahaman penggunaan aplikasi. Sedangkan pada dimensi (kemudahan diamati), masih kurangnya sosialisasi menyebabkan masyarakat belum sepenuhnya menyadari manfaat nyata dari aplikasi ini. Kata Kunci: Inovasi Pelayanan, , Kartu Tanda Penduduk, Aplikasi Bedas Digital Service
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2025 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 02:12 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 02:12 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78615 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |