Worang Rima Salshabila Budianto, 215060152 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA CANVA TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text
ABSTRACT.pdf Download (326kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (413kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (450kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (998kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (347kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematis peserta didik di SDN 104 Langensari, khususnya dalam materi bilangan pecahan, serta terbatasnya variasi model pembelajaran yang dapat meningkatkan partisipasi aktif peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem based learning (PBL) berbantuan media Canva terhadap peningkatan pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment dan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas V di SDN 104 Langensari Bandung, yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep matematis, observasi aktivitas guru dan peserta didik, serta dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik pada kelas eksperimen mengalami peningkatan pemahaman konsep yang signifikan dibandingkan kelas kontrol. Nilai signifikansi uji-t sebesar 0,000 < 0,05, serta hasil N-Gain sebesar 58% yang tergolong dalam kategori sedang, sedangkan kelas kontrol hanya mencapai 33%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan model Problem based learning (PBL) berbantuan media Canva terhadap peningkatan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas V. Kata Kunci : Problem based learning (PBL), Canva, pemahaman konsep matematis, sekolah dasar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 07:55 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 07:55 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78560 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |