LARASWATI, 215040050 (2025) EFEKTIVITAS E-MODUL FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM SARAF DALAM MENDUKUNG SDGs. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGERSAHHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text
8. BAB I.pdf Download (357kB) |
![]() |
Text
9. BAB II.pdf Download (441kB) |
![]() |
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (603kB) |
![]() |
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (510kB) |
![]() |
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
![]() |
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (235kB) |
Abstract
Rendahnya tingkat literasi sains peserta didik kerap disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang interaktif dan terbatasnya pemanfaatan media berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan e-modul flipbook dalam meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi sistem saraf, sekaligus mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) pilar keempat, yaitu pendidikan berkualitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi-eksperimen dan desain nonequivalent control group. Sampel terdiri dari dua kelas XI SMA yang dipilih secara purposive, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes literasi sains (pretest dan posttest) serta angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada nilai posttest kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol, dengan nilai N-Gain sebesar 0,61 (kategori sedang) dan signifikansi uji t < 0,001. Instrumen penelitian juga menunjukkan reliabilitas tinggi dengan nilai Alpha Cronbach sebesar 0,903. Selain itu, respon peserta didik terhadap e-modul flipbook tergolong positif, dinilai menarik, mudah dipahami, dan mendukung pembelajaran mandiri. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa emodul flipbook efektif dalam meningkatkan literasi sains melalui penyajian materi yang interaktif, visual, dan kontekstual, serta mendukung pembelajaran abad ke-21 yang berkualitas dan inklusif. Kata Kunci: E-Modul Flipbook, Literasi Sains, Pembelajaran interaktif, SDGs.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 01:23 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 01:23 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78529 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |