PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING DAN EXTENDING (CORE) BERBANTUAN GEOGEBRA PADA SISWA SMP

ALIFAH SILA NUR’, 215050007 (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING DAN EXTENDING (CORE) BERBANTUAN GEOGEBRA PADA SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (124kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan koneksi matematis dan self-efficacy sangat penting untuk dimiliki oleh siswa sebagai penunjang baik didalam ataupun diluar kelas. Kemampuan koneksi matematis memungkinkan siswa mengaitkan berbagai konsep matematika secara matematis maupun dengan konteks kehidupan nyata, sedangkan self-efficacy merujuk pada keyakinan siswa terhadap kemampuannya dalam menyelesaikan tugas-tugas matematika. Namun pada kenyataannya kemampuan koneksi matematis dan self-efficacy masih tergolong rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan self-efficacy adalah menggunakan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting dan Extending (CORE) Berbantuan Geogebra. Tujuan dari penelian ini yaitu untuk (1) untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting dan Extending (CORE) berbantuan Geogebra lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; (2) untuk mengetahui apakah SelfEfficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting dan Extending (CORE) berbantuan Geogebra lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; (3) Untuk mengetahui korelasi antara kemampuan koneksi matematis dan self-efficacy siswa dengan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting dan Extending (CORE) berbantuan Geogebra. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimen menggunakan desain non-equivalent control group. Sampel penelitian ini yaitu kelas VII H sebagai kelas eksperimen dan kelas VII I sebagai kelas kontrol dengan pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar kemampuan koneksi matematis dan angket self-efficacy. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan IBM SPSS 25.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peilnilngkaltaln keilmalmpuilaln koneilksil malteilmaltils siswa yalng meilmpeilroleilh modeil peilmbeilaljalraln COREil beilrbalntuilaln Geilogeilbral leilbilh tilnggil dalril paldal silswal yalng meilmpeilroleilh modeil peilmbeilaljalraln biasa; (2) Seilf-eilffilcalcy siswa yalng meilmpeilroleilh modeil peilmbeilaljalraln COREil beilrbalntuilaln Geilogeilbral leilbilh balilk dalrilpaldal silswal yalng meilmpeilroleilh modeil peilmbeilaljalraln biasa; (3) Teilrdalpalt koreilalsil posiltilf alntalral keilmalmpuilaln koneilksil malteilmaltils silswal daln seilf-eilffilcalcy silswal yalng meilmpeilroleilh modeil peilmbeilaljalraln COREil beilrbalntuilaln Geilogeilbral. Kata Kunci: Kemampuan koneksi matematis, Self-efficacy, Model pembelajaran CORE, Geogebra.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 23 Sep 2025 07:53
Last Modified: 23 Sep 2025 07:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78521

Actions (login required)

View Item View Item