PENGARUH TERPAAN KONTEN INSTAGRAM BEAUTY INFLUENCER TERHADAP PERILAKU IMITASI DALAM PENGGUNAAN MAKE UP

Pebriyanti, Pebriyanti (2025) PENGARUH TERPAAN KONTEN INSTAGRAM BEAUTY INFLUENCER TERHADAP PERILAKU IMITASI DALAM PENGGUNAAN MAKE UP. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (422kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (270kB)
[img] Text
1. Cover.pdf

Download (264kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (299kB)
[img] Text
3. ABSTRACT.pdf

Download (265kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (242kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (427kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)

Abstract

Media sosial instagram merupakan salah satu media yang digunakan oleh individu dalam memenuhi kebutuhannya seperti informasi hingga hiburan. Dengan kemudahan aksesnya menjadikan individu tidak lepas dari penggunaan teknologi tersebut, sehingga semakin sering terpapar isi pesan pada media yang dapat menyebabkan terjadinya pengaruh atau efek. Pada penelitian yang dilakukan ini memiliki tujuan untuk mencari tahu pengaruh terpaan konten instagram beauty influencer terhadap perilaku imitasi dalam penggunaan make up, yang dilakukan pada pengikut akun instagram @fatyabiya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanatori dan analisis yang berbentuk analisis jalur atau path analysis. Lalu pada penelitian ini menggunakan Teori Terpaan media dari Karl E Rosengren (1974) . Teknik sampling yang digunakan adalah non probability dengan Sampling Purposive yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang responden yang merupakan pengikut dari akun instagram @fatyabiya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Terpaan Konten Instagram Beauty Influencer (X) secara simultan berpengaruh sebesar 70,6% Terhadap Perilaku Imitasi Dalam Penggunaan Make Up (Y). Sedangkan secara persialnya Frekuensi (X1) memberikan pengaruh sebesar 11,7%, Durasi (X2) memberikan pengaruh sebesar 18,1% dan Atensi (X3) memberikan pengaruh sebesar 40,8% Terhadap Perilaku Imitasi dalam Penggunaan Make Up (Y). Pada penelitian ini memiliki kesimpulan yang terbagi ke dalam empat nilai, yang pertama ialah Terpaan konten instagram Beauty Influencer secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Perilaku Imitasi dalam Penggunaan Make Up. Kedua, Frekuensi (X1) secara persial berpengaruh terhadap Perilaku Imitasi dalam Penggunaan Make Up. Ketiga, Durasi (X2) secara persial berpengaruh terhadap Perilaku Imitasi dalam Penggunaan Make Up. Keempat Atensi (X3) secara persial berpengaruh terhadap Perilaku Imitasi dalam Penggunaan Make Up. Kata kunci: Instagram, Perilaku Imitasi, Terpaan Media

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2025
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 23 Sep 2025 02:11
Last Modified: 23 Sep 2025 02:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78497

Actions (login required)

View Item View Item