Puadah Nuriyah, 215060096 (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING ( PjBL) BERBANTUAN MEDIA CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPAS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (346kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (711kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (520kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (274kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas IV SDN Sirnagalih, Kabupaten Bandung Barat. Permasalahan ini disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan keaktifan peserta didik dan belum optimalnya penggunaan media pembelajaran digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Canva, peningkatan hasil belajar peserta didik, serta pengaruh penerapan model tersebut terhadap hasil belajar IPAS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Experiment tipe Nonequivalent Control Group Design. Sampel terdiri dari 50 peserta didik yang terbagi dalam dua kelompok: kelas eksperimen yang menggunakan model PjBL berbantuan Canva, dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model PjBL berbantuan media Canva mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan. Proses pembelajaran berjalan efektif dan sesuai dengan tahapan PjBL, mendorong keaktifan peserta didik dalam merancang dan menyelesaikan proyek. Nilai effect size sebesar 1,282 menunjukkan bahwa pengaruh model PjBL berbantuan Canva termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian, model Project Based Learning berbantuan media Canva dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran yang efektif dan inovatif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS peserta didik di sekolah dasar. Kata kunci: Project Based Learning, media Canva, hasil belajar, IPAS
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 02:10 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 02:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78496 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |