LIASARI ANNISA, 215060077 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (326kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (433kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (473kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (533kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (730kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (370kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif peserta didik serta kurang tepatnya penggunaan model dan media pembelajaran dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media konkret terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Rancamanyar 01 Kabupaten Bandung. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam bentuk pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen yang menggunakan model PBL berbantuan media konkret mencapai 85,00, lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya memperoleh nilai rata-rata sebesar 73,33. Hasil analisis uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah perlakuan. Peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbantuan media konkret dapat meningkatkan pemahaman, keterlibatan, dan partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran matematika. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan media konkret berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar matematika peserta didik. Model ini direkomendasikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang inovatif, interaktif, dan bermakna dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Kata Kunci: Problem Based Learning, media konkret, hasil belajar, matematika, sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 07:49 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 07:49 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78418 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |