AZIZAH HAIFA AULIA, 215040028 (2025) MEMBANGUN KETERAMPILAN KOMPREHENSIF DALAM MENILAI DAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DIGITAL PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (703kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (544kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya literasi digital peserta didik dalam menilai dan mengidentifikasi informs digital secara komprehensif. Tujuan penelitian ini untuk mengukur pemanfaatan Internet of Things (IoT) untuk membangun keterampilan komprehensif dalam menilai dan mengidentifikasi informasi digital pada pembelajaran biologi materi peranan serangga dalam ekosistem. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dalam bentuk Pre-Eksperiment Design. Penelitian inu melibatkan 34 peserta didik kelas X-D SMAN 16 Bandung. Penelaahan terhadap sub-indikator keterampilan komprehensif dalam menilai dan mengidentifikasi informasi digital dilakukan dengan rancangan One Shot Case Study melalui pengamatan dan penskoran pada instrument lembar observasi, sedangkan rancangan yang digunakan untuk menelaah penguasaan konsep peserta didik adalah One Group Pre-test Post-test Design, menggunakan instrument berupa soal pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan komprehensif dalam menilai dan mengidentifikasi informasi digital adalah sebesar 68,3% termasuk kategori cukup. Penelaahan penguasaan konsep menunjukkan skor pre-test 38,86% dan post-test 52% dengan N-gain 0,65 kategori efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran biologi berbasis Internet of Things (IoT) efekttif untuk membangun keterampilan komprehensif dalam menilai dan mengidentifikasi informasi digital, serta meningkatkan penguasaan konsep peserta didik pada materi Peranan Serangga dalam Ekosistem Kata kunci: Keterampilan komprehensif, Internet of Things (IoT), Materi peranan serangga dalam ekosistem
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 07:20 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 07:20 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78414 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |