PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS III SD

LISNAWATI PUTRI DWI, 215060073 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS III SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (49kB)
[img] Text
2.1 PENGESAHAN.pdf

Download (496kB)
[img] Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (73kB)
[img] Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (6kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (192kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media pembelajaran Quizizz terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas III SDN 066 Halimun. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik Kelas III. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen nonequivalent control group design yang melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan model PBL berbantuan media Quizizz dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran di kelas eksperimen berlangsung lancar dan sesuai dengan tahapan sintaks, serta mampu meningkatkan antusiasme dan keterlibatan aktif peserta didik. Sebaliknya, pembelajaran konvensional cenderung berpusat pada guru dan kurang mendorong partisipasi aktif peserta didik. Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah perlakuan diberikan. Hasil uji gain ternormalisasi menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 0,65 yang termasuk dalam kategori sedang, sedangkan kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 0,47 yang juga termasuk dalam kategori sedang, namun dengan selisih peningkatan yang lebih tinggi pada kelas eksperimen. Selain itu, hasil uji effect size sebesar 0,912 berada dalam kategori tinggi, yang mengindikasikan bahwa model PBL berbantuan media Quizizz memberikan pengaruh yang kuat terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Dengan demikian, model Problem Based Learning berbantuan media Quizizz terbukti efektif sebagai strategi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar IPAS peserta didik sekolah dasar. Kata Kunci : Problem Based Learning, Media Pembelajaran Quizizz, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 17 Sep 2025 07:10
Last Modified: 17 Sep 2025 07:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78413

Actions (login required)

View Item View Item