NURJANNAH LUTHFIYAH TANTRI, 215060109 (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN PAPAN BERHITUNG TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (74kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (982kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (280kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (533kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas 1 Sekolah Dasar, khususnya pada materi penjumlahan dua digit secara horizontal. Berdasarkan hasil evaluasi, hanya 12 dari 27 orang peserta didik yang mencapai nilai di atas Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) dengan rata – rata nilai 53,3. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning berbantuan papan berhitung terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment dengan desain non – equivalent control group design. Instrumen penelitian ini berupa tes pemecahan masalah yang dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana dengan uji asumsi klasik atau prasyarat yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa data residual berdistribusi normal (Sig. = 0,200), linear (Sig. = 0,000), dan terdapat pemgaruh yang signifikan (Sig. = 0,000), dengan kontribusi 77,8% (R square = 0,778) serta effect size sebesar 1,13 yang termasuk ke dalam kategori tinggi. Dengan demikian, model Project Based Learning berbantuan papan berhitung berpengaruh secara signifikan dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas 1 Sekolah Dasar. Kata kunci : Project Based Learning , Papan berhitung, Kemampuan Pemecahan masalah matematika, siswa Kelas 1 Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 04:14 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 04:14 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78377 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |