PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN PAPAN BERHITUNG TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

NURJANNAH LUTHFIYAH TANTRI, 215060109 (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN PAPAN BERHITUNG TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (74kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (982kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (533kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas 1 Sekolah Dasar, khususnya pada materi penjumlahan dua digit secara horizontal. Berdasarkan hasil evaluasi, hanya 12 dari 27 orang peserta didik yang mencapai nilai di atas Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) dengan rata – rata nilai 53,3. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning berbantuan papan berhitung terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment dengan desain non – equivalent control group design. Instrumen penelitian ini berupa tes pemecahan masalah yang dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana dengan uji asumsi klasik atau prasyarat yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa data residual berdistribusi normal (Sig. = 0,200), linear (Sig. = 0,000), dan terdapat pemgaruh yang signifikan (Sig. = 0,000), dengan kontribusi 77,8% (R square = 0,778) serta effect size sebesar 1,13 yang termasuk ke dalam kategori tinggi. Dengan demikian, model Project Based Learning berbantuan papan berhitung berpengaruh secara signifikan dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas 1 Sekolah Dasar. Kata kunci : Project Based Learning , Papan berhitung, Kemampuan Pemecahan masalah matematika, siswa Kelas 1 Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 15 Sep 2025 04:14
Last Modified: 15 Sep 2025 04:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78377

Actions (login required)

View Item View Item