PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA EDUCAPLAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS III SEKOLAH DASAR

Sari Revalda Marisca Dwi Puspita, 215060081 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA EDUCAPLAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS III SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (64kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ASBTRAK.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] Text
DAFTRA PUSTAKA.pdf

Download (128kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Educaplay terhadap hasil belajar IPAS kelas III Sekolah Dasar. Yang dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPAS serta media yang berpatok pada buku materi saja sehingga kurangnya keaktifan peserta didik. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Sampel terdiri dari kelas III C sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 22 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (pre-test dan post-test) serta observasi. Hasil penelitian ini, diperoleh gambaran pelaksanaan pembelajaran menunjukkan pembelajaran dapat lebih aktif melalui pengeksplorasian pembelajaran serta antusias yang tinggi terhadap media Educaplay yang mengakibatkan meningkatnya hasil belajar dibandingkan kelas kontrol, Selanjutnya hasil data di uji melalui Uji N-Gain, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima dengan rata-rata skor pretest dan posttest pada kelas eksperimen adalah 52,86 dan 84,59, sedangkan pada kelas kontrol adalah 51,00 dan 74,41. Nilai posttest yang lebih tinggi menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar. Dilanjutkan dengan uji effect size menghasilkan nilai Cohen’s d sebesar 1,051 dengan kategori tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Educaplay berpengaruh signifikan tinggi terhadap hasil belajar IPAS kelas III Sekolah Dasar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Educaplay, Hasil Belajar IPAS

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 11 Sep 2025 08:09
Last Modified: 11 Sep 2025 08:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78345

Actions (login required)

View Item View Item