PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN APLIKASI QREATIF EDUCATIVE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPAS PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

Fadlika Jihan Putri, 215060128 (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN APLIKASI QREATIF EDUCATIVE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPAS PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (223kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (484kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (897kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep IPAS pada peserta didik di kelas IV SDN 075 Jatayu. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran menggunakan model Project Based Learning, perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman peserta didik yang menggunakan model Project Based Learning dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional, dan pengaruh model Project Based Learning berbantuan aplikasi qreatif educative terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran IPAS di kelas IV SD. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimental dengan desain nonequivalent control group design. Populasi yang diambil dalam penelitian ini yaitu SDN 075 Jatayu dengan sampel 2 kelas yaitu kelas IV C sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua jenis tes yaitu instrumen tes dan instrumen nontes. Instrumen tes berupa soal pilihan ganda dan essay sebanyak 15 soal dan instrumen nontes berupa observasi serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dengan uji Independent Sample T-Test, uji Mann-Whitney, dan uji effect size dengan bantuan IBM SPSS Statistic 29. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning berbantuan aplikasi qreatif educative berjalan lancar dan sesuai sintaks. Terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman peserta didik yang menggunakan model Project Based Learning berbantuan aplikasi qreatif educative dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan rata-rata hasil posttest kelas eksperimen sebesar 79,50 dan kelas kontrol sebesar 71,88 dengan perbedaan rata-rata sebesar 7,62 poin. Berdasarkan hasil uji effect size pada penggunaan model Project Based Learning berbantuan aplikasi qreatif educative didapatkan hasil sebesar 0,706 berkategori sedang, artinya model Project Based Learning berbantuan aplikasi qreatif educative berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman peserta didik pada pembelajaran IPAS kelas IV SD. Kata Kunci: Model Project Based Learning, Aplikasi Qreatif Educative, Kemampuan Pemahaman IPAS

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 10 Sep 2025 07:05
Last Modified: 10 Sep 2025 08:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78335

Actions (login required)

View Item View Item