Setianingrum,Tiara Widya, 215010014 (2025) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS TPACK MELALUI APLIKASI WORDWALL TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas XI SMAN 17 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
0. COVER.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
01. Lembar Pengesahan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
05. Abstrak.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text
11. BAB I.pdf Download (366kB) |
![]() |
Text
12. BAB II.pdf Download (533kB) |
![]() |
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) |
![]() |
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (874kB) |
![]() |
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (277kB) |
![]() |
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (240kB) |
Abstract
Seiring berkembangnya zaman, banyak sekali pembaharuan dalam media pembelajaran. Salah satunya wordwall yang merupakan media pembelajaran yang digunakan sebagai evaluasi pembelajaran berbasis internet dengan berbagai macam pilihan game didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media pembelajaran wordwall berpengaruh pada peningkatan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah kelas XI-G dan kelas XI-J. Pada pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dan observasi dan hasil pretest dan posttest sebagai data pendukung. Peneliti memproses hasil data yang dianalisis degan analisis uji normalitas, uji homogenitas, uji regresi linearsederhana dan juga uji hipotesis. Hasil dari uji analisis tersebut menunjukan bahwa efektivitas pembelajaran melalui TPACK dengan aplikasi wordwall peserta didik memiliki respon terhadap motivasi belajar yang sangat baik. Hal tersebut sejalan dengan hasil uji hipotesis yang menggunakan uji-t menunjukan bahwa nilai t hitung 3.352 > t tabel 0,269 dapat disimpulkan bahwa variabel (X) yaitu Efektivitas Pembelajaran Berbasis TPACK melalui Aplikasi Wordwall berpengaruh terhadap variabel (Y) yaitu Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik. Kata Kunci : Media Pembelajaran Wordwall, Motivasi Belajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarga
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 07:13 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 07:13 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78325 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |