EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS TPACK MELALUI APLIKASI WORDWALL TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas XI SMAN 17 Bandung)

Setianingrum,Tiara Widya, 215010014 (2025) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS TPACK MELALUI APLIKASI WORDWALL TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas XI SMAN 17 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
0. COVER.pdf

Download (185kB)
[img] Text
01. Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05. Abstrak.pdf

Download (282kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (366kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (533kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (874kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)

Abstract

Seiring berkembangnya zaman, banyak sekali pembaharuan dalam media pembelajaran. Salah satunya wordwall yang merupakan media pembelajaran yang digunakan sebagai evaluasi pembelajaran berbasis internet dengan berbagai macam pilihan game didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media pembelajaran wordwall berpengaruh pada peningkatan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah kelas XI-G dan kelas XI-J. Pada pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dan observasi dan hasil pretest dan posttest sebagai data pendukung. Peneliti memproses hasil data yang dianalisis degan analisis uji normalitas, uji homogenitas, uji regresi linearsederhana dan juga uji hipotesis. Hasil dari uji analisis tersebut menunjukan bahwa efektivitas pembelajaran melalui TPACK dengan aplikasi wordwall peserta didik memiliki respon terhadap motivasi belajar yang sangat baik. Hal tersebut sejalan dengan hasil uji hipotesis yang menggunakan uji-t menunjukan bahwa nilai t hitung 3.352 > t tabel 0,269 dapat disimpulkan bahwa variabel (X) yaitu Efektivitas Pembelajaran Berbasis TPACK melalui Aplikasi Wordwall berpengaruh terhadap variabel (Y) yaitu Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik. Kata Kunci : Media Pembelajaran Wordwall, Motivasi Belajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarga

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 09 Sep 2025 07:13
Last Modified: 09 Sep 2025 07:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78325

Actions (login required)

View Item View Item