PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK (Penelitian Quasi Experiment Pada Peserta Didik Kelas V SD Mathla’ul Khoeriyah Kota Bandung)

AMELIA AYUNDA, 215060025 (2025) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK (Penelitian Quasi Experiment Pada Peserta Didik Kelas V SD Mathla’ul Khoeriyah Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (169kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman peserta didik di SD Mathla’ul Khoeriyah. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh penerapan model Contextual Teaching and Learning berbantuan media Wordwall terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas V sekolah dasar. Dalam penelitian ini menggunakan desain quasi experiment dengan populasi mencakup seluruh peserta didik kelas V, yang berjumlah 50 peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh di mana kelas V A dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes pretest dan posttest, serta obeservasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning berbantuan media Wordwall berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman peserta didik. Hal ini terbukti dari hasil uji hipotesis Independent Sample T Test yang memperoleh hasil signifikansi 0,001 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Selanjutnya, hasil uji effect size menunjukkan nilai sebesar 1,08 yang diinterpretasikan sebagai efek sangat besar. Hasil uji N-Gain pada kelas eksperimen menghasilkan data sebesar 0,59 atau 59% dengan kategori sedang. Sedangkan, pada kelas kontrol menghasilkan data sebesar 0,11 atau 11% dengan kategori rendah. Selain itu, nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen adalah 85, lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang memiliki nilai-rata sebesar 75,2. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning berbantuan media Wordwall dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas V sekolah dasar. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Wordwall, Membaca Pemahaman

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 08 Sep 2025 04:42
Last Modified: 08 Sep 2025 04:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78307

Actions (login required)

View Item View Item