PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK (Penelitian Quasi Eksperiment Pada peserta didik Kelas IV SD Mathla’ul Khoeriyah Kota Bandung)

AZYATI AFINA IZNI, 215060017 (2025) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK (Penelitian Quasi Eksperiment Pada peserta didik Kelas IV SD Mathla’ul Khoeriyah Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (120kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang kerap muncul dalam kegiatan pembelajaran, yaitu rendahnya kemampuan membaca pemahaman peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model Kooperatif Tipe Think Pair Share berbantuan media Audio Visual terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen, serta menerapkan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian mencakup seluruh peserta didik kelas IV di SD Mathla’ul Khoeriyah dengan jumlah kelas IVA sebanyak 25 peserta didik sebagai kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe think pair share berbantuan media audio visual dengan kelas IVB sebanyak 25 peserta didik sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen tes berupa soal pretest dan posttest serta non tes berupa lembar observasi dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-tes, uji effect size dan uji gain ternormalisasi. Hasil analisis menunjukan bahwa penerapan model kooperatif tipe think pair share berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap aktivitas pendidik dan peserta didik. Aktivitas belajar di kelas eksperimen mengalami peningkatan signifikan dibanding dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata posttest di kelas eksperimen sebesar 84,80, lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan rata-rata 74,80. Tahap selanjutnya uji hipotesis menggunakan independent sample t-test yang menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 > 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Uji effect size menunjukkan nilai sebesar 1,14 dengan kategori tinggi. Hasil uji N-Gain di kelas eksperimen menghasilkan data sebesar 0,56 atau 56% sedangkan kelas kontrol menghasilkan data sebesar 0,35 atau 35%. Dengan demikian, penerapan model kooperatif tipe think pair share berbantuan media audio visual efektif meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik. Kelas IV sekolah dasar. Kata Kunci: Kooperatif Tipe Think Pair Share, Audio Visual, Membaca Pemahaman

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 08 Sep 2025 04:36
Last Modified: 08 Sep 2025 04:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78305

Actions (login required)

View Item View Item