ROHYAN, 105060329 (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INQUIRI BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
1. Cover.doc Download (94kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.rtf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
|
Text
3. Motto dan Persembahan.doc Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
|
Text
4. Surat Pernyataan.doc Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
|
Text
5. Kata Pengantar.doc Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
|
Text
6. Ucapan Terima Kasih.doc Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
|
Text
7. Abstrak.doc Download (44kB) |
|
Text
8. Daftar Isi.a.doc Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
|
Text
13. BAB I.a.docx Download (41kB) |
|
Text
14. BAB II.docx Download (203kB) |
|
Text
15. BAB III.a.docx Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
|
Text
16. BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
|
Text
17. BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
|
Text
18. Daftar Pustaka.docx Download (21kB) |
|
Text
20. Riwayat hidup.docx Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data pembelajaran dengan menggunakan metode inquiri based learning pada tema Indahnya Kebersamaan subtema Keberagaman Budaya Bangsaku dalam rangka meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Acamanik, Kota Bandung, dengan jumlah peserta didik di kelas IV sebanyak 30 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, pada setiap tindakan terdiri dari beberapa kegiatan, antara lain: perencanaan, pelaksanaan tindakan penelitian, pengamatan/analisis data, dan refleksi. Hasil belajar peserta didik diukur dengan menggunakan instrumen penilaian produk yang terdiri dari pretes dan postes. Standar penilaian didasarkan pada pencapaian KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditetapkan yaitu 70. Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang mengorganisasikan materi yang dipadukan oleh suatu tema. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Arcamanik pada tema Indahnya Kebersamaan subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Data awal hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Arcamanik menunjukkan hasil yang rendah yaitu 13,70 % yang telah mencapai KKM 70. Pembelajaran yang digunakan masih menggunakan metode konvensional. Metode pembelajaran yang menumbuhkan rasa ingin tahu siswa masih jarang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Arcamanik mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Pada prasiklus sebanyak 5 orang yang tuntas mencapai KKM 70. Pada pretes siklus I sebanyak 7 siswa yang tuntas mencapai KKM 70 dengan presentase 23,33 %. Sedangkan pada postes siklus I, sebanyak 13 siswa telah tuntas dengan persentase 43,33 %. Pada pretes siklus II, sebanyak 19 siswa tuntas mencapai KKM 70 dengan presentase 63,33 %, sedangkan pada postes siklus II, sebanyak 25 siswa tuntas mencapai KKM 70 dengan persentase 83,33 %. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tema Indahnya Kebersamaan subtema Keberagaman Budaya Bangsaku dengan menggunakan metode Inquiri Based Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Arcamanik, Kota Bandung. Kata Kunci : Metode Inquiri Based Learning, pemahaman konsep, hasil belajar, pembelajaran tematik.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 03 Aug 2016 17:17 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 17:17 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7811 |
Actions (login required)
View Item |