LESTARI,PRATIWI PUJI, 215040023 (2025) PENERAPAN MULTIPLE REPRESENTASI BERBASIS WEB-BASED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text
ABSTRK.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (334kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (519kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (474kB) |
Abstract
Pembelajaran pada abad-21 menekankan pentingnya untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik, akan tetapi kenyataannya hasil belajar ranah kognitif masih tergolong rendah, hal ini disebabkan oleh kesulitan dalam memahami materi biologi yang abstrak, salah satunya materi sistem pencernaan serta media ajar yang kurang inovatif. Tujuan penelitian ini mengetahui efektivitas penerapan multiple representasi berbasis web-based sebagai strategi untuk meningkatkan hasil belajar ranah kognitif pada materi sistem pencernaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperimental dengan desain OneGroup Pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah peserta didik SMA 1 Pasundan Bandung, dengan sampel kelas XI MIPA V melalui purposive sampling. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda dan lembar observasi keterlaksaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata post-test hasil belajar ranah kognitif pada setiap tingkatan kognitif C1 (Remembering) dengan nilai 89,08, C2 (Understanding) dengan nilai 91,18, C3 (Applying) dengan nilai 88,24, dan C4 (Analyzing) dengan nilai 81,62 serta taraf signifikasi sebesar 0,05 menunjukkan signifikan meningkatkan hasil belajar ranah kognitif. Hal ini menunjukkan penggunaan multiple representasi berbasis web-based yang mencakup peta konsep, teks, gambar, video, tabel, model 3D, dan simulasi serta diiringi dengan aktivitas membaca teks, mengamati gambar dan tabel, menyimak video, berdiskusi, dan menjawab soal berdampak positif terhadap peningkatan hasil belajar ranah kognitif peserta didik. Kata kunci: Multiple representasi, Hasil belajar ranah kognitif, Web-based
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 22 Aug 2025 06:26 |
Last Modified: | 22 Aug 2025 06:26 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77803 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |