CAHYANI YUNI, 215020001 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS MEDIA POWTOON TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI-4 Semester Genap SMA Nasional Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (79kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (653kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (69kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (641kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (213kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa dengan model pembelajaran Discovery Learning berbasis media Powtoon pada materi Inflasi mata pelajaran ekonomi di SMA Nasional Bandung. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Nasional Bandung, tahun ajaran 2024/2025, terdiri dari kelas XI-4 berjumlah 31 siswa menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbasis media Powtoon dan kelas XI-3 berjumlah 29 siswa menggunakan model pembelajaran Inquiry Learning. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dan desain Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukan skor rata-rata kelas eksperimen memperoleh skor pretest 36,81 dan posttest 85,48, sedangkan kelas kontrol memperoleh skor pretest 35,28 dan posttest 69,48. Pada pengujian hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney U Test dan Effect size r dapat dilihat bahwa nilai asymp.sig(2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang artinya terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran Discovery learning berbasis media Powtoon. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada guru diharapkan menggunakan model Discovery Learning berbasis media Powtoon untuk mendorong berpikir kritis siswa. Bagi pihak sekolah diharapkan mampu mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran dengan memberikan pengarahan kepada guru. Bagi siswa diharapkan dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kritis melalui model pembelajaran Discovery learning berbasis media Powtoon. Bagi Peneliti selanjutnya disarankan untuk melanjutkan penelitian dengan menerapkan model Discovery Learning berbasis media Powtoon pada materi atau jenjang pendidikan yang berbeda. Kata kunci: Discovery Learning, media Powtoon, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Ekonomi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 07:56 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 07:56 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77685 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |