PENGARUH DISTRAKSI DIGITAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR (Survei pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Pasundan 8 Bandung Tahun Ajaran 2024/2025)

Putri Amelia, 215020047 (2025) PENGARUH DISTRAKSI DIGITAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR (Survei pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Pasundan 8 Bandung Tahun Ajaran 2024/2025). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (252kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (790kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (362kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh distraksi digital terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas X SMA Pasundan 8 Bandung. Latar belakang penelitian ini didasari oleh fenomena kemajuan teknologi digital yang membawa dampak positif sekaligus negatif dalam dunia pendidikan. Salah satu dampak negatif yang muncul adalah distraksi digital yang mengganggu konsentrasi dan fokus belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik survei, melibatkan sampel acak dari 149 siswa kelas X. Instrumen yang digunakan berupa angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan regresi linear sederhana untuk mengetahui pengaruh antara variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa distraksi digital berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar; semakin tinggi distraksi, semakin rendah motivasi belajar siswa. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar sekolah menetapkan aturan yang jelas terkait penggunaan perangkat digital, guru mengembangkan strategi pembelajaran yang menarik, siswa lebih disiplin dalam menggunakan teknologi, dan orang tua memberikan pendampingan di rumah. Selain itu, pemerintah perlu meningkatkan literasi digital, dan peneliti selanjutnya disarankan untuk mengkaji durasi penggunaan perangkat digital yang masih tergolong aman terhadap motivasi belajar siswa. Kata kunci: distraksi digital, motivasi belajar, teknologi, siswa SMA, pembelajaran ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 12 Aug 2025 06:52
Last Modified: 12 Aug 2025 06:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77679

Actions (login required)

View Item View Item