Putri Amelia, 215020047 (2025) PENGARUH DISTRAKSI DIGITAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR (Survei pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Pasundan 8 Bandung Tahun Ajaran 2024/2025). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (790kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (374kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (294kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (756kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (362kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh distraksi digital terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas X SMA Pasundan 8 Bandung. Latar belakang penelitian ini didasari oleh fenomena kemajuan teknologi digital yang membawa dampak positif sekaligus negatif dalam dunia pendidikan. Salah satu dampak negatif yang muncul adalah distraksi digital yang mengganggu konsentrasi dan fokus belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik survei, melibatkan sampel acak dari 149 siswa kelas X. Instrumen yang digunakan berupa angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan regresi linear sederhana untuk mengetahui pengaruh antara variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa distraksi digital berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar; semakin tinggi distraksi, semakin rendah motivasi belajar siswa. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar sekolah menetapkan aturan yang jelas terkait penggunaan perangkat digital, guru mengembangkan strategi pembelajaran yang menarik, siswa lebih disiplin dalam menggunakan teknologi, dan orang tua memberikan pendampingan di rumah. Selain itu, pemerintah perlu meningkatkan literasi digital, dan peneliti selanjutnya disarankan untuk mengkaji durasi penggunaan perangkat digital yang masih tergolong aman terhadap motivasi belajar siswa. Kata kunci: distraksi digital, motivasi belajar, teknologi, siswa SMA, pembelajaran ekonomi.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 06:52 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 06:52 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77679 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |