NUR AZIZAH ALFA SALMA, 215050026 (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT SISWA SMK MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (271kB) |
![]() |
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text
8. ABSTRACT.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text
9. RINGKESAN.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text
11. BAB I.pdf Download (370kB) |
![]() |
Text
12. BAB II.pdf Download (517kB) |
![]() |
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (559kB) |
![]() |
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
![]() |
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (266kB) |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis dan self-concept adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan self-concept siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang berpusat pada siswa. Model Problem-Based Learning berbantuan Geogebra menjadi salah satu alternatif untuk membantu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Geogebra lebih tinggi daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran biasa; 2) Apakah self-concept peserta didik yang memperoleh model Problen-Based Learning berbantuan Geogebra lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran biasa; 3) Apakah terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dan self-concept peserta didik yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan geogebra. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Subjek dari penelitian adalah peserta didik kelas XI SMK Cendekia Batujajar tahun ajaran 2024/2025, subjek penelitian berjumlah 56 orang dimana 29 peserta didik kelas XI-MP 4 yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Geogebra dan 27 peserta didik kelas XI-MP1 yang memperoleh model pembelajaran biasa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen tes untuk meneliti kemampuan komunikasi matematis peserta didik dan instrumen non tes untuk mengetahui skala self-concpet peserta didik. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan Microsoft Excel dan SPSS 23.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, didapatkan kesimpulan: 1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Geogebra lebih tinggi daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran biasa; 2) Self-concept peserta didik yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Geogebra lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran biasa; 3) Terdapat korelasi postif antara kemampuan komunikasi matematis dan self-concept peserta didik yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Geogebra. Kata Kunci: Problem-Based Learning, Geogebra, Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-concept.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 03:34 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 03:34 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77652 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |