Herlani, Lisa (2025) AKIBAT HUKUM PELANGGARAN NOTARIS ATAS PROMOSI YANG DILAKUKAN OLEH PIHAK KETIGA MELALUI MEDIA SOSIAL MENURUT KODE ETIK NOTARIS LEGAL CONSEQUENCES OF NOTARY VIOLATIONS OF PROMOTIONS MADE BY THIRD PARTIES THROUGH SOCIAL MEDIA ACCORDING TO THE NOTARY CODE OF ETHICS. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
![]() |
Text
ARTIKEL JURNAL TESIS LISA HERLANI.docx Download (167kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi dan informatika yang tumbuh pesat saat ini membuat berbagai aspek menjadi semakin mudah salah satunya dalam bidang kenotariatan. Dengan teknologi dan informatika, Notaris dapat bertukar informasi dengan klien, memberikan edukasi hukum melalui media online, dan lainnya. Namun fakta di lapangan, terdapat beberapa Notaris yang diduga melakukan promosi secara bersama-sama dengan pihak ketiga yang artinya promosi tersebut dilakukan oleh orang lain dan diunggah melalui media sosial pihak ketiga tersebut. Promosi tersebut adalah larangan bagi seorang Notaris yang tercantum pada Pasal 4 Kode Etik Notaris. Sehingga hal tersebut perlu adanya pemeriksaan lebih lanjut apakah Notaris tersebut melanggar Kode Etik Notaris ataukah tidak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa penggunaan media sosial oleh Notaris dan pihak ketiga yang dapat dikategorikan sebagai promosi diri. Serta menganalisa bagaimana upaya perlindungan hukum dan akibat hukum terhadap Notaris yang diduga melakukan pelanggaran terhadap Kode Etik Notaris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa apabila seorang Notaris terbukti melakukan promosi diri secara bersama-sama dengan pihak ketiga, organisasi profesi akan memberikan sanksi kepadanya. Sanksi tersebut berdasarkan Pasal 6 Kode Etik Notaris yaitu teguran secara lisan, teguran tertulis, pemberhentian sementara, pemberhentian dengan hormat ataupun pemberhentian dengan tidak hormat. Namun apabila tidak terbukti Notaris melakukan promosi diri dengan pihak ketiga, berdasarkan Pasal 9 Kode Etik Notaris Dewan Kehormatan Notaris perlu memberikan perlindungan hukum yaitu dengan cara memulihkan nama baik Notaris agar tidak memiliki catatan hitam dalam karirnya. Kata kunci : Notaris, promosi diri, media sosial.
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Magister Kenotariatan 2025 |
Depositing User: | Mr soeryana soeryana |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 02:43 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 03:04 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77651 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |