ISTNA SHOFI NABILA, 215020039 (2025) PENGARUH POTENSI DIRI DAN PERSEPSI TENTANG PRESTASI BELAJAR TERHADAP MINAT PESERTA DIDIK MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI (Survei Pada Kelas XI SMA Negeri 17 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (934kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (333kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (426kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (829kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (257kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) gambaran potensi diri (ii) gambaran persepsi tentang prestasi belajar (iii) gambaran minat peserta didik melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi (iv) pengaruh potensi diri terhadap minat peserta didik melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi (v) pengaruh persepsi tentang prestasi belajar terhadap minat peserta didik melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi (vi) pengaruh potensi diri dan persepsi tentang prestasi belajar terhadap minat peserta didik melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada kelas XI SMA Negeri 17 Bandung. Populasi pada penelitian ini kelas XI SMA Negeri 17 Bandung. Sampel penelitian ini mengunakan teknik random sampling. Metode penelitian yang digunakan survei pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik analisis data regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (i) potensi diri peserta didik memiliki rata-rata sebesar 3,96 (ii) persepsi tentang prestasi belajar peserta didik memiliki rata-rata sebesar 3,66% (iii) minat peserta didik melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sangat baik dengan rata-rata sebesar 4,92% (iv) adanya pengaruh sebesar 12,50% antara potensi diri terhadap minat peserta didik melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan nilai t hitung > t tabel (3,375 > 1,972) (v) adanya pengaruh sebesar 28,15% antara persepsi tentang prestasi belajar terhadap minat peserta didik melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan nilai t hitung > t tabel (6,481 > 1,972) (vi) terdapat pengaruh potensi diri dan persepsi tentang prestasi belajar terhadap minat peserta didik melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sebesar 40,6% dengan F Hitung .> F tabel (62,307 > 3,05). Pada akhir penelitian penulis menyarankan untuk: (i) peserta didik mengenali potensi diri (ii) orang tua memberikan dukungan serta motivasi (iii) guru memberikan bimbingan lebih intensif (iv) sekolah menyediakan program pengembangan dan bimbingan karir (v) peneliti selanjutnya mencari lebih banyak informasi Kata Kunci: Potensi Diri, Persepsi Tentang Persepsi Tentang Prestasi Belajar, Minat Peserta Didik Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 06:46 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 06:46 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77646 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |