PENGGUNAAN METODE SQ3R BERBASIS SCIENCE FICTION WATTPAD UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA DAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI

Septianingsih Angel, 215040003 (2025) PENGGUNAAN METODE SQ3R BERBASIS SCIENCE FICTION WATTPAD UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA DAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (178kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (915kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (284kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kebiasaan membaca dan memahami isi bacaan berperan penting dalam menciptakan penguasaan konsep yang baik pada peserta didik. Namun akibat kurangnya kebiasaan membaca di kalangan peserta didik menyebabkan rendahnya minat baca dan penguasaan konsep yang dimiliki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas Metode SQ3R berbasis science fiction Wattpad untuk meningkatkan minat baca dan penguasaan konsep peserta didik pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Instrumen tes berupa soal pilihan ganda untuk mengukur penguasaan konsep dan kuesioner untuk mengukur minat baca. Populasi penelitian ini adalah siswa XI MIPA SMA Pasundan 3 Bandung, dengan sampel kelas XI MIPA III melalui purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata skor kuesioner minat dengan presentase capaian sebesar 77% yang tergolong kategori tinggi dan N-Gain 0,6781 pada penguasaan konsep serta pada taraf signifikansi 0,05 menunjukan signifikan bahwa penggunaan metode SQ3R berbasis science fiction Wattpad efektif meningkatkan penguasaan konsep peserta didik. Sejalan dengan teori kognitivisme, peningkatan penguasaan konsep peserta didik tercermin pada jenjang kognitif C1 (86,11) melalui aktivasi skemata awal pada tahap Survey (asimilasi), C2 (81,79) melalui proses encoding dan integrasi informasi baru pada tahap Question dan Read (asimilasi-akomodasi), C3 (83,80) melalui transfer konsep yang difasilitasi tahap Recite (equilibrasi), dan C4 (90,28) melalui reorganisasi skemata serta penyusunan argumentasi logis pada tahap Review. Kata Kunci: Minat Baca, Metode SQ3R, Penguasaan Konsep, Science Fiction, Wattpad

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 08 Aug 2025 06:32
Last Modified: 08 Aug 2025 06:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77644

Actions (login required)

View Item View Item