TRIANA SELA, 215060121 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (122kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (833kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (314kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (357kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (653kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (501kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (572kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (297kB) |
Abstract
Penelitian ini berlatarbelakang pada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik, banyak peserta didik yang tidak menyukai pembelajaran matematika karena bagi mereka matematika adalah pembelajaran yang menyulitkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model problem based learning berbantuan aplikasi wordwall dengan membandingkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek dari penelitian ini yakni peserta didik kelas III SD Negeri 118 Tanjung, sedangkan objeknya adalah kelas III A dan III B, kelas tersebut dipilih menggunakan teknik purposive sampling dimana atas pertimbangan para guru dari pihak sekolah dan setelah diuji kelas tersebut juga memiliki tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis yang setara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian tipe Quasi Eksperimen dan desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Pretest, posttest dan lembar observasi adalah metode pengumpulan data yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian, hasil uji t dua sampel bebas menunjukkan perbedaan antara kelas eksperimen dan kontrol; dengan nilai signifikansi 2-tailed 0.000 < 0.05, H₀ ditolak dan H₁ diterima. Ini menunjukkan bahwa peserta didik yang menggunakan model problem based learning berbantuan aplikasi wordwall dan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis yang berbeda. Hasil uji n-gain ternormalisasi menunjukkan peningkatan pada kelas eksperimen bernilai 75% sedangkan pada kelas kontrol bernilai 55%, artinya kelas yang menggunakan model problem based learning berbantuan aplikasi wordwall memiliki peningkatan yang lebih besar daripada kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Sementara itu, untuk menghitung seberapa besar pengaruh model problem based learning berbantuan aplikasi wordwall digunakan uji effect size dan mendapatkan nilai 1,88 yang termasuk kedalam kategori berefek tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menggunakan model problem based learning berbantuan aplikasi wordwall memiliki perbedaan dengan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional. Penggunaan model problem based learning berbantuan aplikasi wordwall juga memiliki pengaruh dan efek yang besar bagi peserta didik. Kata Kunci: Kemampuan pemahaman konsep matematis, model problem based learning dan aplikasi wordwall
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 07:30 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 07:30 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77639 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |