ROSTIANA ROSI, 215060137 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LAERNING BERBANTUAN APLIKASI KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PELAJARAN IPAS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (604kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (592kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (989kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Hal ini dapat dilihat dari rata – rata kelas yang hanya mencapai 53,58, maka dari itu peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model Project Based Learning berbantuan aplikasi Kahoot terhadap hasil belajar siswa pelajaran IPAS di Sekolah Dasar Negeri 162 Warung Jambu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis quasi ekespermen, sedangkan desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di kelas VC menjadi kelas eksperimen dan di kelas VB menjadi kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi, untuk teknik analisis yang digunakan adalah quasi eksperimen. Hasil observasi penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan model Project Based Learning berbantuan Kahoot berjalan efektif, ditandai dengan keterlibatan aktif peserta didik dan peningkatan hasil belajar. Terdapat perbedaan signifikan nilai rata-rata postest sebesar 81,47%, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang hanya mencapai 72,06%. Analisis menggunakan independent samples t-test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,002, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelas. Selain itu, analisis menggunakan uji effect size menunjukkan nilai Cohen's sebesar 1,178, yang dikategorikan sebagai efek yang besar. Uji N-Gain Score juga menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh nilai 63,4388 (63%), sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai 45,6939 (45%), yang menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan. Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa selain memiliki pengaruh besar, dengan menerapkan model Project Based Learning berbantuan aplikasi kahoot dapat meningkatkan hasil belajar yang dimiliki peserta didik. Kata kunci: Hasil Belajar, Project Based Learning, aplikasi Kahoot Siswa Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 02:50 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 02:50 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77617 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |