Amalia Dila, 195060014 (2025) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP KEMAPUAN KOGNITIF SISWA KELAS IV SDN PALASARI 03 (Penelitian Quasi Eksperimen Kelas IV pada Mata Pelajaran IPAS Sekolah Dasar Negeri Palasari 03 Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (330kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (724kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif dan kurangnya penguatan karakter peserta didik dalam proses pembelajaran. Pembelajaran di sekolah dasar masih banyak berpusat pada guru, sehingga peserta didik cenderung pasif, kurang aktif berdiskusi, dan belum sepenuhnya menunjukkan karakter yang diharapkan, seperti gotong royong, kemandirian, dan kemampuan bernalar kritis. Peneliti memfokuskan penelitian pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya terhadap kemampuan kognitif peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di SDN Palasari 03 tahun ajaran 2024/2025. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling pada dua kelas, yaitu kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol, masing-masing terdiri dari 28 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan kognitif sebelum diberikan perlakuan (pretest) yaitu 52,43 pada kelas eksperimen dan 56,18 pada kelas kontrol. Sedangkan rata-rata hasil setelah diberikan perlakuan (posttest) yaitu 78,14 pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran TGT dan 72,36 pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Selain itu, observasi aktivitas peserta didik dan hasil wawancara dengan guru menunjukkan peningkatan karakter siswa. Berdasarkan hasil perhitungan effect size, diperoleh nilai sebesar 1,55 yang termasuk dalam kategori “tinggi”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning tipe Team Games Tournament (TGT) memberikan pengaruh besar terhadap peningkatan kemampuan kognitif peserta didik kelas IV di SDN Palasari 03. Kata kunci : Team Games Tournament, Cooperative Learning, Kemampuan Kognitif.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 09:01 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 09:01 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77615 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |