EFEKTIVITAS PLATFORM DIGITAL POWTOON UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK MELALUI METODE COLLABORATIVE LEARNING PADA MATERI EKOSISTEM

SINAGA RADIKA VALENTINA, 215040055 (2025) EFEKTIVITAS PLATFORM DIGITAL POWTOON UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK MELALUI METODE COLLABORATIVE LEARNING PADA MATERI EKOSISTEM. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (51kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (276kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (778kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (875kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini didasari oleh kemampuan literasi digital peserta didik yang rendah, serta terbatasnya penggunaan media pembelajaran digital interaktif di dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah membuktikan efektivitas platform digital PowToon dalam meningkatkan kemampuan literasi digital peserta didik melalui metode pembelajaran Collaborative Learning pada materi ekosistem. Desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design dan menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimen dengan subjek penelitian yaitu kelas X-D sebagai kelas eksperimen dan kelas X-A sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa soal pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan kemampuan kognitif dan instrumen penilaian video interaktif untuk mengukur kemampuan literasi digital peserta didik serta diperkuat oleh angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi digital kelas eksperimen lebih tinggi (89,69), kelas kontrol (76,21). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 36,56 meningkat menjadi 84,12 pada posttest. Sedangkan pada kelas kontrol, pretest sebesar 20,41 meningkat menjadi 62,90. Data tersebut menunjukkan peningkatan yang dibuktikan oleh nilai N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,7483 (Tinggi), sedangkan pada kelas kontrol memperoleh nilai 0,5353 (Sedang). sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan platform digital PowToon dengan menerapkan metode Collaborative Learning terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi digital dan kemampuan kognitif peserta didik pada materi ekosistem. Kata Kunci: PowToon, Literasi Digital, Collaborative Learning, Ekosistem, Efektivitas

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 06 Aug 2025 06:53
Last Modified: 06 Aug 2025 06:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77610

Actions (login required)

View Item View Item