SINAGA RADIKA VALENTINA, 215040055 (2025) EFEKTIVITAS PLATFORM DIGITAL POWTOON UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK MELALUI METODE COLLABORATIVE LEARNING PADA MATERI EKOSISTEM. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (51kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (348kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (778kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (515kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (875kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (430kB) |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh kemampuan literasi digital peserta didik yang rendah, serta terbatasnya penggunaan media pembelajaran digital interaktif di dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah membuktikan efektivitas platform digital PowToon dalam meningkatkan kemampuan literasi digital peserta didik melalui metode pembelajaran Collaborative Learning pada materi ekosistem. Desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design dan menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimen dengan subjek penelitian yaitu kelas X-D sebagai kelas eksperimen dan kelas X-A sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa soal pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan kemampuan kognitif dan instrumen penilaian video interaktif untuk mengukur kemampuan literasi digital peserta didik serta diperkuat oleh angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi digital kelas eksperimen lebih tinggi (89,69), kelas kontrol (76,21). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 36,56 meningkat menjadi 84,12 pada posttest. Sedangkan pada kelas kontrol, pretest sebesar 20,41 meningkat menjadi 62,90. Data tersebut menunjukkan peningkatan yang dibuktikan oleh nilai N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,7483 (Tinggi), sedangkan pada kelas kontrol memperoleh nilai 0,5353 (Sedang). sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan platform digital PowToon dengan menerapkan metode Collaborative Learning terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi digital dan kemampuan kognitif peserta didik pada materi ekosistem. Kata Kunci: PowToon, Literasi Digital, Collaborative Learning, Ekosistem, Efektivitas
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 06:53 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 06:53 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77610 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |