PENERAPAN WEB-BASED BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM IMUN

SUDRAJAT,IQMAL MEILANDI, 215040048 (2025) PENERAPAN WEB-BASED BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM IMUN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (145kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (333kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI SIDANG SARJANA.pdf

Download (352kB)
[img] Text
8. ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
9. ABSTRACT.pdf

Download (177kB)
[img] Text
10. RINGKESAN.pdf

Download (154kB)
[img] Text
15. BAB I.pdf

Download (232kB)
[img] Text
16. BAB II.pdf

Download (536kB)
[img] Text
17. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img] Text
18. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] Text
19. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)

Abstract

Pembelajaran biologi menuntut pemahaman yang mendalam terhadap konsepkonsep ilmiah yang bersifat abstrak dan kompleks, seperti materi sistem imun. Pendidik perlu merancang strategi pembelajaran yang mampu menjembatani kompleksitas materi dengan kemampuan kognitif peserta didik supaya kegiatan pembelajaran berjalan efektif dan efisien. Pada pembelajaran materi sistem imun yang menggunakan web-based berbasis multiple representation dalam pembelajaran dapat membantu peserta didik untuk memahami konsep-konsep yang abstrak dan kompleks. Selain itu mengembangkan kreativitas dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai hasil penerapan web-based berbasis multiple representation sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem imun. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre-eksperimental berbentuk one-group pre-testpost-test yang melibatkan 36 peserta didik di kelas XI-6 SMA Negeri 23 Bandung. Sampel ini diambil melalui teknik purposive sampling berdasarkan beberapa pertimbangan. Instrumen dalam penelitian ini berupa soal pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pre-test 37,50 dan nilai rata-rata posttest 73,22, serta nilai n-gain sebesar 0,58 termasuk kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis diperoleh hasil Sig. 2-tailed <0,001 <0,05 maka hipotesis alternatif (H1) diterima yang berarti terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah dilakukan penerapan web-based berbasis multiple representation. Hal ini menunjukkan bahwa melalui penerapan web-based berbasis multiple representation dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Oleh karena itu, strategi ini dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran biologi yang bersifat abstrak, serta direkomendasikan bagi pendidik untuk diterapkan dalam proses pembelajaran yang serupa. Kata Kunci: Web-based, Multiple Representation, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 06 Aug 2025 03:22
Last Modified: 06 Aug 2025 03:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77607

Actions (login required)

View Item View Item