Kusumawardhani Intan Pratiwi, 215060090 (2025) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA EDUCAPLAY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK ( Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas IV di SDN V Cicalengka). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (23kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (139kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (941kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran proses pembelajaran, mengetahui apakah terdapatan peningkatan, dan mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament berbantuan Educaplay terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cicalengka V. instrument tes yang digunakan adalah soal uraian atau essay. Instrument tes ini di uji cobakan kepada kelas V yang memperoleh hasil 7 butir soal essay dan ini yang akan digunakan untuk soal pretest dan posttest. Sampel yang digunakan adalah kelas IV, dimana kelas IV B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament berbantuan Educaplay dan kelas IV A sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi dan tes hasil belajar peserta didik. Tes terdiri dari pretest dan posttest yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setelah mendapatkan data, maka peneliti melakukan analisis data dengan menghitung uji hipotesis dengan bantuin aplikasi IBM SPSS versi 27 dan menghitung effect size. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament berbantuan Educaplay lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional dan seberapa besar pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament berbantuan Educaplay terhadap hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar berkategori besar. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Cooperative Learning, Teams Games Tournament, Educaplay
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 09:04 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 09:04 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77606 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |