PENGARUH SELF CONCEPT DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BELAJAR (Survei di SMA Negeri 18 Bandung Tahun Ajaran 2024/2025)

Choerunissa Nisrina, 215020032 (2025) PENGARUH SELF CONCEPT DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BELAJAR (Survei di SMA Negeri 18 Bandung Tahun Ajaran 2024/2025). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (24kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (962kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (881kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (53kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya efektivitas proses pembelajaran di kelas, yang ditandai dengan minimnya partisipasi aktif peserta didik, kesulitan dalam memahami materi, serta rendahnya keterlibatan dalam kegiatan diskusi. Kondisi ini menyebabkan tujuan pembelajaran sulit tercapai secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self concept dan lingkungan sekolah terhadap minat belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 679 peserta didik, dengan sampel sebanyak 252 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi, yang kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) terdapat pengaruh signifikan self concept terhadap minat belajar, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000; (ii) terdapat pengaruh signifikan lingkungan sekolah terhadap minat belajar, juga dengan nilai signifikansi sebesar 0,000; dan (iii) self concept dan lingkungan sekolah secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat belajar, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Temuan ini memberikan kontribusi penting secara empiris dalam memahami faktor-faktor yang memengaruhi minat belajar peserta didik, khususnya dari aspek persepsi diri dan dukungan lingkungan sekolah. Hal ini menunjukkan bahwa baik konsep diri peserta didik maupun iklim sekolah yang kondusif memiliki peran penting dalam meningkatkan ketertarikan dan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Minat Belajar, Self Concept, Lingkungan Sekolah

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 04 Aug 2025 08:18
Last Modified: 04 Aug 2025 08:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77601

Actions (login required)

View Item View Item