SUNANDIREJA,AQILLATUL AZIZAH, 215050009 (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMK MELALUI PROBLEMBASED LEARNING BERBANTUAN PHOTOMATH. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (822kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (316kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (366kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (652kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (527kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (336kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematis dan self-confidence peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemahaman matematis dan self-confidence peserta didik yang memperoleh model pembelajaran Problem-Based Learning berbantuan Photomath dibandingkan dengan peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional, serta menganalisis korelasi antara keduanya. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed methods) dengan desain embedded yang menekankan pendekatan kuantitatif dan didukung oleh data kualitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan bentuk non-equivalent control group design. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI SMK Yapari Aktripa Bandung yang terbagi dalam dua kelas: kelas eksperimen menggunakan model PBL berbantuan Photomath, dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran ekspositori. Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan pemahaman matematis (pretest dan posttest) dan angket self-confidence. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran PBL berbantuan Photomath lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional, dengan nilai N-Gain kategori sedang hingga tinggi. Self-confidence peserta didik pada kelas eksperimen juga meningkat secara signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol. Ditemukan pula korelasi positif antara kemampuan pemahaman matematis dan self-confidence. Problem-baed learning memungkinkan peserta didik lebih aktif dan mandiri, sementara penggunaan Photomath membantu dalam memahami langkah-langkah penyelesaian soal matematika. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa model Problem-Based Learning berbantuan Photomath dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan self-confidence peserta didik SMK. Guru dan sekolah disarankan untuk mengintegrasikan model dan media ini sebagai strategi pembelajaran alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Kata kunci: Kemampuan Pemahaman Matematis, , Self-Confidence, ProblemBased Learning, Photomath.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 08:14 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 08:14 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77600 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |