PRAKASIWI RIIHAN, 215020038 (2025) PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT MAHASISWA BERINVESTASI (Survei pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Universitas Pasundan). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (352kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (425kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (509kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (777kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (257kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah mempermudah akses terhadap berbagai informasi keuangan dan instrumen investasi. Secara nasional, peningkatan jumlah investor muda menunjukkan potensi besar dalam mendukung pertumbuhan ekonomi melalui partisipasi di pasar modal. Namun, minat berinvestasi di kalangan mahasiswa masih tergolong rendah, yang diduga dipengaruhi oleh rendahnya literasi keuangan dan kurang optimalnya pemanfaatan media sosial sebagai sumber informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi keuangan, peran media sosial, dan minat berinvestasi mahasiswa, serta menguji pengaruh literasi keuangan dan media sosial terhadap minat berinvestasi mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Universitas Pasundan. Metode yang digunakan ialah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei, dan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data yang disebarkan kepada 102 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi keuangan mahasiswa tergolong baik dengan rata-rata 4,08. Peran media sosial mahasiswa dinilai cukup baik dengan rata-rata 3,37. Minat berinvestasi mahasiswa berada dalam kategori baik dengan rata-rata 3,85. Literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi mahasiswa sebesar 11%. Media sosial juga memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi mahasiswa sebesar 45,2%. Secara simultan, literasi keuangan dan media sosial berpengaruh signifikan terhadap minat berinvestasi mahasiswa sebesar 56,2%. Penelitian ini memberikan gambaran bahwa penguatan literasi keuangan serta pemanfaatan media sosial yang tepat dapat menjadi faktor pendukung dalam membangun minat investasi di kalangan mahasiswa. Temuan ini dapat dijadikan dasar pertimbangan dalam mengembangkan pendekatan edukatif dan informatif yang relevan dengan karakteristik generasi muda saat ini. Kata Kunci: Literasi Keuangan, Media Sosial, Minat Berinvestasi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 07:16 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 07:16 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77581 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |