PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN GEOGEBRA

ZAINUDDIN,HAFIDZ FAUZAN MUSLIM, 215050006 (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN GEOGEBRA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (142kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (145kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (251kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)

Abstract

Kemampuan koneksi matematis merupakan salah satu kemampuan matematika yang penting untuk diimiliki oleh siswa. Namun pada kenyataannya, kemampuan koneksi matematis siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa SMA yang memperoleh model Inkuiri Terbimbing berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa SMA yang memperoleh model pembelajaran biasa; (2) mengetahui apakah peningkatan self-efficacy siswa SMA yang memperoleh model Inkuiri Terbimbing berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa SMA yang memperoleh model pembelajaran biasa; (3) mengetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan koneksi matematis dengan self-efficacy siswa SMA yang memperoleh model Inkuiri Terbimbing berbantuan GeoGebra; (4) mendeskripsikan efektivitas pembelajaran model Inkuiri Terbimbing berbantuan GeoGebra terhadap peningkatan kemampuan koneksi siswa SMA; (5) mendeskripsikan efektivitas pembelajaran model Inkuiri Terbimbing berbantuan GeoGebra terhadap peningkatan self-efficacy SMA. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Dalam upaya memastikan kualitas data yang dikumpulkan, instrumen penelitian disusun dan diuji secara cermat agar memenuhi kriteria keandalan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Pasundan 8 Bandung. Sampel penelitiannya, kelas X4 sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan model Inkuiri Terbimbing berbantuan GeoGebra dan kelas X5 sebagai kelas kontrol yang mendapatkan model pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan koneksi matematis dan skala selfefficacy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh model Inkuiri Terbimbing berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; (2) peningkatan Self-efficacy peserta didik yang memperoleh model PBL berbantuan kahoot lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; (3) terdapat korelasi positif antara kemampuan koneksi matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh model Inkuiri Terbimbing berbantuan GeoGebra; (4) efektivitas pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan GeoGebra terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa tergolong besar; (5) efektivitas pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan GeoGebra terhadap peningkatan self-efficacy siswa tergolong sedang. Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, koneksi matematis, self-efficacy, GeoGebra

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 31 Jul 2025 06:17
Last Modified: 31 Jul 2025 06:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77576

Actions (login required)

View Item View Item