Vellysha Amellya Putri, 215030028 (2025) PENERAPAN MODEL VISUAL AUDITORY KINESTETIKA BERBANTUAN MEDIA BLOOKET DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PASUNDAN 3 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (906kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (404kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis pada pembelajaran menulis teks berita. Salah satu yang menjadi faktor rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis teks berita yaitu di sekolah pendidik masih kurang inovatif dan kreatif dalam penggunaan metode dan media sehingga membuat peserta didik kurang berminat untuk menulis teks berita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji kemampuan menulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran serta mengkaji perbedaan kemampuan peserta didik dalam menulis teks berita pada kelas eksperimen yang menggunakan model Visual Auditory Kinestetika berbantuan media Blooket dan kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi berbantuan media Power Point. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen, dengan desain Quasi Experimental. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan kemampuan menulis teks berita antara peserta didik kelas eksperimen dengan peserta didik kelas kontrol. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil signifikan Independent Sample Test. Hasil sig. uji tersebut adalah 0.000 < 0.05. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata hasil prates kelas eksperimen sebesar 40,2 dan nilai rata-rata pascates kelas eksperimen sebesar 88,6. Nilai rata-rata prates kelas kontrol sebesar 34,2 dan rata-rata pascates kelas kontrol sebesar 75,7. Pada kelas eksperimen terdapat peningkatan nilai rata-rata sebesar 48,4, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 41,3. Maka dengan demikian pembelajaran yang dilaksanakan berhasil dengan baik. Kata kunci: Model Visual Auditory Kinestetika, media Blooket, menulis, teks berita
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 06:48 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 06:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77107 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |