PENERAPAN MODEL VISUAL AUDITORY KINESTETIKA BERBANTUAN MEDIA BLOOKET DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PASUNDAN 3 BANDUNG

Vellysha Amellya Putri, 215030028 (2025) PENERAPAN MODEL VISUAL AUDITORY KINESTETIKA BERBANTUAN MEDIA BLOOKET DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PASUNDAN 3 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (242kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (906kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis pada pembelajaran menulis teks berita. Salah satu yang menjadi faktor rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis teks berita yaitu di sekolah pendidik masih kurang inovatif dan kreatif dalam penggunaan metode dan media sehingga membuat peserta didik kurang berminat untuk menulis teks berita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji kemampuan menulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran serta mengkaji perbedaan kemampuan peserta didik dalam menulis teks berita pada kelas eksperimen yang menggunakan model Visual Auditory Kinestetika berbantuan media Blooket dan kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi berbantuan media Power Point. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen, dengan desain Quasi Experimental. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan kemampuan menulis teks berita antara peserta didik kelas eksperimen dengan peserta didik kelas kontrol. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil signifikan Independent Sample Test. Hasil sig. uji tersebut adalah 0.000 < 0.05. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata hasil prates kelas eksperimen sebesar 40,2 dan nilai rata-rata pascates kelas eksperimen sebesar 88,6. Nilai rata-rata prates kelas kontrol sebesar 34,2 dan rata-rata pascates kelas kontrol sebesar 75,7. Pada kelas eksperimen terdapat peningkatan nilai rata-rata sebesar 48,4, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 41,3. Maka dengan demikian pembelajaran yang dilaksanakan berhasil dengan baik. Kata kunci: Model Visual Auditory Kinestetika, media Blooket, menulis, teks berita

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 22 Jul 2025 06:48
Last Modified: 22 Jul 2025 06:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77107

Actions (login required)

View Item View Item