PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III SD (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar Negeri 042 Gambir)

HENDRAYANI DHEA, 215060006 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III SD (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar Negeri 042 Gambir). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (28kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (881kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (65kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (206kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (687kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan yang terjadi di lapangan, yaitu: (1) rendahnya hasil belajar peserta didik, (2) pembelajaran masih terpusat pada pendidik, (3) kesulitan peserta didik dalam memahami materi, dan (4) kurangnya variasi dalam menggunakan model pembelajaran. Dengan adanya penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang ada di lapangan yaitu dengan menerapkan model Problem Based Learning berbantuan aplikasi Wordwall, dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik serta menganalisis seberapa efektif penerapannya dalam proses pembelajaran kelas III di SDN 041 Gambir. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan metode Quasi Experiment dan menggunakan desain Nonewuivalent Control Group. Populasi penelitian terdiri dari 60 peserta didik kelas III yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas III.B sebagai kelompok eksperimen yang menerapkan model Problem Based Learning dengan bantuan Wordwall dan kelas III.A sebagai kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui berbagai instrumen, meliputi tes pretest dan posttest, lembar observasi, dan dokumentasi. Selain itu dilakukan analisis dengan menggunakan IBM SPSS 27 for Window. Dilakukan pula uji effect size didapat hasil sebesar 1,00 dengan interpretasi dalam kategori besar. Hasil dari penelitian ini bahwa terdapat (1) peningkatan rata-rata aktivitas pendidik dan peserta didik pada saat menggunakan model problem based learning berbantuan aplikasi wordwall, (2) rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan model problem based learning berbantuan aplikasi wordwall meningkat, (3) hasil belajar peserta didik yang diuji menggunakan uji N-Gain terdapat peningkatan hasil belajar, (4) model problem based learning berbantuan aplikasi wordwall memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik yang menggunakan model problem based learning yang didukung aplikasi wordwall lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran model konvensional. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Model Problem Based Learning, Wordwall

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 22 Jul 2025 04:29
Last Modified: 22 Jul 2025 04:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77103

Actions (login required)

View Item View Item