PENGARUH MODEL PROBLEM BEASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

Agramaiya, 215060079 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BEASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (480kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.pdf

Download (664kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Hal yang mendasari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa di SDN 114 Bojong Koneng Cibeunying dikarenakan siswa menggangap pelajaran matematika dengan model Problem Based Learning berbantuan media Wordwall kelas IV. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar yang menggunakan Model Problem Based Learning, dan untuk mengetahui perbedaan rata – rata hasil belajar anatara pembelajaran model Problem Based Learning dengan model konvensional terhadap hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group desain. Penelitian ditunjukkan kepada siswa kelas IV di SDN 114 Bojong Koneng Cibeunying. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 46 siswa, pada kelas IV B berjumlah 23 siswa sedangkan pada kelas IV C berjumlah 23 siswa. Sampel penelitian yang diambil adalah kelas IV B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Wordwall dan kelas IV C sebagai kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan non tes. Peneliti juga melakukan analisis data dengan mengitung uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, uji regresi linear sederhana, dan uji N gain dengan berbantuan aplikasi IBM SPSS Statistics 25. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV Sekolah dasar, memperoleh peningkatan hasil belajar yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media wordwall, dan memperoleh perbedaan rata – rata hasil belajar antara siswa yang menggunakan model Problem Based Learning dengan siswa yang menggunakan model konvensional. Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, Model Problem Based Learning, Wordwall

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:32
Last Modified: 21 Jul 2025 07:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77098

Actions (login required)

View Item View Item