PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI ASSEMBLR EDU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

REJEKI WIDI TRI AYU, 215060103 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI ASSEMBLR EDU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (272kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (989kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (468kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (576kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPAS peserta didik di SDN Juntigirang 01. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dengan model Problem Based Learning dan konvesional, Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model problem based learning berbantuan aplikasi assemblr edu, Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPAS peserta didik , Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPAS peserta didik.Penelitian ini menggunaka Metode kuantitatif dengan pendekatan penelitian uasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group. Populasi penelitian ini adalah 27 peserta didik kelas V A (eksperimen) dan 27 V B (kontrol) adalah model pembelajaran konvesional. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui bentuk pretest dan posttest, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent simple t – test, uji effect size, dan uji N – Gain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini terlihat dari hasil independent sample t test menghasilkan nilai signifikasi sebesar 0,033, dan terdapat pengaruh hasil belajar IPAS antara kelas eksperimen dan kontrol. Hal ini terlihat dari hasi uji Effect size yaitu sebesar 0,661 yang berarti berpengaruh sedang model problem based learning terhadap hasil belajar IPAS peserta didik. Selain itu, terdapat peningkatkan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini terlihat dari hasi uji N- Gain score eksperimen 71,00028 % atau 71 % kategori sedang, dan kontrol sebesar 49,3163 atau 49% kategori sedang. Maka dapat simpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan model Problem Based Learning dengan kelas yang menggunakan model konvesional. Selain itu, terdapat pengaruh model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar IPAS peserta didik. Serta terdapat peningkatan signifikasi pada kelas eksperimen sebelum dan sesudah menggunakan model Problem Based Learning. Kata Kunci: Problem Based Learning, Aplikasi Assemblr edu, Meningkatkan Hasil Belajar IPAS.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:25
Last Modified: 21 Jul 2025 07:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77095

Actions (login required)

View Item View Item