REJEKI WIDI TRI AYU, 215060103 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI ASSEMBLR EDU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (272kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (989kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (372kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (468kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (576kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (601kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (680kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (321kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPAS peserta didik di SDN Juntigirang 01. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dengan model Problem Based Learning dan konvesional, Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model problem based learning berbantuan aplikasi assemblr edu, Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPAS peserta didik , Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPAS peserta didik.Penelitian ini menggunaka Metode kuantitatif dengan pendekatan penelitian uasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group. Populasi penelitian ini adalah 27 peserta didik kelas V A (eksperimen) dan 27 V B (kontrol) adalah model pembelajaran konvesional. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui bentuk pretest dan posttest, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent simple t – test, uji effect size, dan uji N – Gain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini terlihat dari hasil independent sample t test menghasilkan nilai signifikasi sebesar 0,033, dan terdapat pengaruh hasil belajar IPAS antara kelas eksperimen dan kontrol. Hal ini terlihat dari hasi uji Effect size yaitu sebesar 0,661 yang berarti berpengaruh sedang model problem based learning terhadap hasil belajar IPAS peserta didik. Selain itu, terdapat peningkatkan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini terlihat dari hasi uji N- Gain score eksperimen 71,00028 % atau 71 % kategori sedang, dan kontrol sebesar 49,3163 atau 49% kategori sedang. Maka dapat simpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan model Problem Based Learning dengan kelas yang menggunakan model konvesional. Selain itu, terdapat pengaruh model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar IPAS peserta didik. Serta terdapat peningkatan signifikasi pada kelas eksperimen sebelum dan sesudah menggunakan model Problem Based Learning. Kata Kunci: Problem Based Learning, Aplikasi Assemblr edu, Meningkatkan Hasil Belajar IPAS.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:25 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 07:25 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77095 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |