ANALISIS KESALAHAN SINTAKSIS DALAM PENULISAN TEKS DESKRIPSI OLEH PEMBELAJAR BIPA LEVEL B1 DAN LEVEL B2 DI BANDUNG INDEPENDENT SCHOOL SERTA PEMANFAATANNYA TERHADAP BAHAN AJAR

Armanda,Delarosa, 215030032 (2025) ANALISIS KESALAHAN SINTAKSIS DALAM PENULISAN TEKS DESKRIPSI OLEH PEMBELAJAR BIPA LEVEL B1 DAN LEVEL B2 DI BANDUNG INDEPENDENT SCHOOL SERTA PEMANFAATANNYA TERHADAP BAHAN AJAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER-1 (1).pdf

Download (273kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (966kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (497kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan sintaksis dalam penulisan teks deskripsi oleh pembelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) level B1 dan B2 di Bandung Independent School, serta mengevaluasi pemanfaatannya terhadap pemanfaatan bahan ajar. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi tulisan siswa dan wawancara semi-terstruktur. Sampel diambil secara langsung dari 3 siswa level B1 dan 3 siswa level B2. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesalahan sintaksis yang paling dominan meliputi ketidaktepatan struktur frasa nominal, kesalahan dalam penggunaan konjungsi, serta urutan kata yang tidak sesuai kaidah bahasa Indonesia. Perbandingan antara level B1 dan B2 menunjukkan adanya perbedaan tingkat kompleksitas dalam jenis kesalahan yang ditemukan. Temuan ini diintegrasikan dalam alternatif bahan ajar kontekstual yang menekankan pada pembelajaran sintaksis berbasis kesalahan nyata siswa, guna meningkatkan ketepatan struktur kalimat dan efektivitas komunikasi tulis. Kata Kunci: kesalahan sintaksis, teks deskripsi, bipa, level b1 dan level b2, pembelajaran kontekstual, bahan ajar, analisis kualitatif

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:27
Last Modified: 21 Jul 2025 07:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77093

Actions (login required)

View Item View Item