PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen pada peserta didik kelas IV SD Negeri Rancamanyar 01)

Aurelia Fathoni, 215060108 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen pada peserta didik kelas IV SD Negeri Rancamanyar 01). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (34kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep pembelajaran IPS peserta didik di sekolah dasar, yang diakibatkan oleh kurangnya variasi dalam penerapan model pembelajaran, sehingga mengakibatkan rendahnya antusiasme peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran yang dibuktikan dengan rendahnya kemampuan pemahaman konsep pembelajaran IPS. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media Monopoli terhadap kemampuan pemahaman mata pelajaran IPS di sekolah dasar. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen dan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Rancamanyar 01, dengan sampel penelitian peserta didik kelas IV-C sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas IV-D sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 26 peserta didik. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa uji N-Gain dan uji effect size. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh bahwa (1) gambaran proses pembelajaran berjalan baik dapat dilihat dari hasil nilai lembar observasi yang mencapai 85% pada kelas eksperimen dan 85% pada kelas kontrol, (2) terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep pelajaran IPS yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Monopoli dengan nilai 0.76 dalam uji N-Gain dengan kategori tinggi, (3) terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media Monopoli dengan nilai 1.166 dalam uji effect size dengan kategori besar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, dan terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media Monopoli terhadap kemampuan pemahaman konsep pelajaran IPS di sekolah dasar. Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep, Problem Based Learning, Pembelajaran IPS, Monopoli.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 18 Jul 2025 07:36
Last Modified: 18 Jul 2025 07:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77087

Actions (login required)

View Item View Item