PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

FAHIRA TRISA ZAHRI, 215060095 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (213kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (908kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (450kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika tergolong rendah. Hasil belajar pada ranah kognitif masih rendah dikarenakan pemahaman peserta didik masih kurang terhadap mata pelajaran matematika, penggunaan model pembelajaran dan media yang belum sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Problem Based Learning berbantuan media Canva untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent kontrol group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Rancamanyar 01, dengan sampel penelitian yaitu peserta didik kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 26 peserta didik. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Hasil dari uji hipotesis memperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05, sehingga terdapat peningkatan hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Canva dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Konvensional. Peningkatan tersebut diperoleh sebesar 77.07% pada kelas eksperimen dan peningkatan sebesar 51.30% yang diperoleh pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana, penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media Canva memiliki persamaan regresi yaitu Y = 41.202 + 1.305X. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media Canva terhadap hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar kelas V SDN Rancamanyar 01. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Matematika, Canva

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 18 Jul 2025 07:30
Last Modified: 18 Jul 2025 07:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77086

Actions (login required)

View Item View Item