PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GAMIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN BERORIENTASI DIKSI KONOTATIF PADA MEDIA NEARPOD FASE F SMA PASUNDAN 3 BANDUNG

Ivada Alifa Angel, 215030031 (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GAMIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN BERORIENTASI DIKSI KONOTATIF PADA MEDIA NEARPOD FASE F SMA PASUNDAN 3 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (23kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa dalam menulis teks cerpen, khususnya dalam menulis teks cerpen berorientasi diksi konotatif. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya penerapan model pembelajaran yang inovatif dan menarik oleh guru. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran gamifikasi dalam meningkatkan kemampuan menulis teks cerpen berorientasi diksi konotatif di kalangan siswa. Secara khusus, tujuan yang ingin dicapai meliputi: 1) mendeskripsikan tingkat kemampuan siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan dengan model pembelajaran gamifikasi dan media nearpod dalam menulis teks cerpen berorientasi diksi konotatif; 2) mengambarkan perbedaan kemampuan menulis teks cerpen berorientasi diksi konotatif menggunakan model ekspositori dengan model gamifikasi dan media nearpod; 3) untuk menilai ketepatan model pembelajaran gamifikasi dalam pembelajaran menulis teks cerpen berorientasi diksi konotatif di SMA Pasundan 3 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen serta adanya kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata pretest sebesar 44 dan meningkat menjadi 90 pada posttest. Sementara itu, kelompok kontrol mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pretest sebesar 38 dan meningkat menjadi 76 pada postest. Penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran gamifikasi efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks cerpen berorientasi diksi konotatif. Kata Kunci : gamifikasi, teks cerpen, diksi konotatif

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 16 Jul 2025 08:51
Last Modified: 16 Jul 2025 08:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77077

Actions (login required)

View Item View Item