PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTUAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri PasirLayung 02)

RENDI, 205060142 (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBANTUAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri PasirLayung 02). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1COVER.pdf

Download (431kB)
[img] Text
2 PENGESAHAN.pdf

Download (457kB)
[img] Text
7 ABSTRAK.pdf

Download (372kB)
[img] Text
9 BAB I.pdf

Download (371kB)
[img] Text
10 BAB II.pdf

Download (799kB)
[img] Text
11 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (936kB)
[img] Text
12 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (323kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ialah masih rendahnya hasil belajar matematika khsusnya pada materi pecahan peserta didik di SDN Pasirluyung 02, serta pembelajarannya masih berfokus kepada guru. Pembelajaran yang diperlukan sekarang ini harus berpusat kepada peserta didik, jadi peserta didik harus menjadi lebih aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Puzzle untuk meningkatkan hasil belajar matematika Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen tipe quasi esperimental tipe non equivalent control grup design. Subjek penelitian ini adalah 20 peserta didik kelas IV-A (eksperimen) dan 20 peserta didik kelas IVB (kontrol) SDN Pasirlayung 02. Perlakuan yang diberikan kepada kelas IV-A (eksperimen) adalah model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Puzzle dan perlakuan yang diberikan kepada kelas IV-B (kontrol) adalah model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui bentu pretest posttest dan lembar observasi. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji T, uji N-Gain, uji effect size. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dan pengaruh antara kelas kontrol dan eksperimen. Hal ini terlihat dari uji-T N-Gain diperoleh signifikansi 0,015 yang menunjukkan bahwa signifikansinya 0,015<0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan antara kelas yang menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Puzzle. Serta terdapat pengaruh sebesar 0,685 yang tergolong sedang pada kelas eksperimen sebelum dan sesudah menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Puzzle. Kata Kunci : Project Based Learning (PjBL), Media Puzzle, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 15 Jul 2025 07:42
Last Modified: 15 Jul 2025 07:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77063

Actions (login required)

View Item View Item