PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS IV SD (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN Pelesiran )

TANJUNG PUTRI NATASYA, 215060065 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS IV SD (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN Pelesiran ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (185kB)
[img] Text
PENGESAHAN .pdf

Download (114kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (379kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (769kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika karena anggapan bahwa matematika sulit dan pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk membandingkan proses pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Wordwall dan model konvensional; 2) mengetahui apakah peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan model PBL lebih tinggi dibandingkan model konvensional; 3) mengukur seberapa besar pengaruh model PBL berbantuan Wordwall terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi experiment nonequivalent control group, melibatkan siswa kelas IV-A dan IV-B SDN 031 Pelesiran masing-masing sebanyak 25 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes (pretest dan posttest) serta non-tes (lembar observasi, dokumentasi) dengan analisis data menggunakan n-gain, uji normalitas, mann-whitney, dan effect size dengan bantuan aplikasi SPSS 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) proses pembelajaran di kelas eksperimen dan kontrol berjalan sangat baik dengan keterlaksanaan model PBL; 2) peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model PBL secara signifikan lebih tinggi (n-gain 0,71 kategori tinggi) dibandingkan kelas konvensional (n-gain 0.60 kategori sedang); 3) pengaruh model PBL berbantuan Wordwall terhadap kemampuan berpikir kritis termasuk kategori sedang (effect size 0,87). Dengan demikian, model Problem Based Learning berbantuan Wordwall berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa sekolah dasar. Kata kunci: Problem Based Learning, berpikir kritis, matematika, Wordwall.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 14 Jul 2025 09:16
Last Modified: 14 Jul 2025 09:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77052

Actions (login required)

View Item View Item