YUSLIANI,HANY, 215060067 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN MEDIA BAAMBOOZLE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (486kB) |
![]() |
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text
9. ABSTRACT.pdf Download (275kB) |
![]() |
Text
10. RINGKESAN.pdf Download (275kB) |
![]() |
Text
12. BAB I.pdf Download (381kB) |
![]() |
Text
13. BAB II.pdf Download (689kB) |
![]() |
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (538kB) |
![]() |
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (682kB) |
![]() |
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
![]() |
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (272kB) |
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan pemahaman matematis peserta didik sekolah dasar. Penelitian tersebut bertujuan guna mengetahui gambaran kemampuan pemahaman matematis peserta didik, menganalisis pengaruh dan mendeskripsikan besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) berbantuan media Baamboozle terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta didik sekolah dasar dengan materi volume satuan baku. Penelitian ditujukan kepada peserta didik kelas IV di SDN 066 Halimun Kota Bandung sebagai populasi penelitian. Sampel penelitian adalah peserta didik dari kelas IV D sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A sebagai kelas kontrol dengan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang diterapkan yaitu kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data berbantuan software IBM SPSS Statistics 29.0 yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan uji T dan uji Mann-Whitney U, serta uji effect size yang dihitung manual. Berdasarkan hasil penelitian, gambaran Kemampuan Pemahaman Matematis (KPM) peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol dan data kelas eksperimen lebih konsisten di sekitar rata-rata. Hasil uji hipotesis dan uji effect size pada data posttest menunjukkan adanya pengaruh besar pada penggunaan model pembelajaran GI dan media baamboozle dalam meningkatkan KPM peserta didik. Berdasarkan data di atas, disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatf tipe Group Investigation (GI) berbantuan media baamboozle berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta didik sekolah dasar. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Matematis, Group Investigation (GI), Baamboozle, Peserta Didik Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 06:25 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 06:25 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77041 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |