NURANISA D PURNAMA, 155050038 (2025) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA DALAM IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, COOPERATING DAN TRANSFERRING (REACT). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
7. BAB I.pdf Download (472kB) |
![]() |
Text
8. BAB II.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text
9. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) |
![]() |
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (465kB) |
![]() |
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
![]() |
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (219kB) |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis merupakan hal yang penting dalam pembelajaran matematika, namun pada kenyataannya kemampuan komunikasi matematis di Indonesia tergolong rendah. Hal ini disebabkan kurangnya keyakinan diri siswa terhadap kemampuan yang dimilikinya. Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy diperlukan strategi pembelajaran yang efektif dan inovatif, salah satunya adalah strategi pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring (REACT). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam implementasi strategi pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring (REACT); (2) untuk mendeskripsikan self-efficacy dalam implementasi strategi pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring (REACT); serta (3) untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari selfefficacy. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan (library research). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: (1) kemampuan komunikasi matematis mengalami peningkatan secara signifikan ketika pembelajarannya menggunakan strategi sembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating dan Transferring (REACT) karena siswa ikut berperan aktif dan berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran; (2) strategi pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating dan Transferring (REACT) merupakan strategi pembelajaran yang efektif terhadap peningkatan self-efficacy siswa; (3) terdapat hubungan positif antara kemampuan komunikasi matematis dan selfefficacy siswa, semakin tinggi self-efficacy siswa semakin besar pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, begitu pula sebaliknya semakin rendah self-efficacy siswa semakin sulit dalam kemampuan komunikasi matematis. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-efficacy, Strategi Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring (REACT)
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2022 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 01:45 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 01:45 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77031 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |